Jumat, 08 September 2017

Kegiatan Mukhoyyam II PPI 97 Cikajang di Bumi Perkemahan PTPN VIII Papandayan






Kamis, 07 September 2017. Alhamdulillah, Pelaksanaan Mukhoyyam II Pesantren Persatuan Islam 97 Cikajang telah terlaksana dengan lancar, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari 2 malam yaitu mulai hari Selasa-Kamis, 5-7 September 2017 di Bumi Perkemahan PTPN VIII Papandayan.

Kegiatan mukhoyyam ini diikuti oleh hampir seluruh santri dari dua tingkatan, yaitu tingkat Tsanawiyyah dan Mu’allimien seluruh pesertanya dikelompokkan menjadi 11 regu dan masing-masing regu berjumlah 10 orang.



Panitia pelaksana mukhoyyam ini adalah santri kelas XII Mu’allimin, yang merupakan santri yang telah dilatih pada Mukhoyyam I yang diselenggarakan di Cikupa Pamulihan Garut, 27-29 Januari 2017.

Hari pertama Mukhoyyam II ini dibuka dengan acara ceremonial setelah seluruh regu selesai membuat tenda masing-masing, seperti halnya pramuka dimana seluruh santri dikomando dengan hitungan mundur harus sudah berada dilapangan secara serempak untuk mengikuti acara upacara pembukaan.

Pembukaan yang berisi tentang amanat pada Mukhoyyam II disampaikan oleh Mudir Mu’allimien Ust. Anang Sumina S.Pd. beliau menegaskan bahwa pelaksanaan mukhoyyam ini merupakan program ekstrakurikuler Pesantren yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kedisiplinan pada diri seorang santri, karena Islam mengajarkan umatnya untuk disiplin, baik itu disiplin terhadap ibadah mahdhoh maupun ghoir mahdhoh, selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kader-kader penerus Islam yang tangguh baik jasmani maupun rohani.


Setelah pelaksanaan upacara selesai beberapa kegiatan pun diselenggarakan diantaranya, Shalat, Murojaah beberapa surat Al-Qur’an, games dan kegiatan kegiatan lainnya yang tentunya yang sangat menarik dan sarat nilai-nilai agama Islam.


Hari kedua diselenggarakan kegiatan Penjelajahan, dimana seluruh Grup diberangkatkan untuk berjalan melewati track yang cukup menantang yang berada di seputar PTPN VIII Papandayan dengan landscape kebun teh. Di sepanjang track tersebut terdapat 6 Pos panitia yang mempunyai tugas-tugas diantaranya, menguji kompetensi santri dari segi spiritual, intelektual maupun fisik.



Alhamdulillah seluruh peserta dapat melewati seluruh ujian dan tantangan meskipun ada beberapa peserta yang sakit kelelahan setelah berada di perkemahan.

Malam harinya dilaksanakan beberapa kegiatan nobar (nonton bareng), muhasabah, api unggun dan drama yang cukup menegangkan.Keesokan harinya yang merupakan hari ketiga merupakan acara penutupan, setelah senam pagi, sarapan, dan beberapa kegiatan lainnya acara penutupan dilaksanakan. Dan tentunya ini merupakan akhir dari kegiatan Mukhoyyam II Pesantren Persatuan Islam 97 Cikajang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar